Sunday, January 16, 2011

sang penasihat setan

Posted by usoPkuChai On 11:53 PM 2 comments



"beneran mo ikutan mas?"

dia memandang ke dalam mataku tajam. anak mata hitamnya bersinar2, entah kerana gembira atau kerna terkejut. dahinya berkerut memperlihatkan garis2 kasar menarik sama keningnya yg hitam dan tebal. aku membuka topi keledar dan menganggukkan kepalaku dgn cepat.

senja itu hujan gerimis. petang khamis. malam itu katanya malam jumaat keliwon mengikut hitungan kalendar jawa. kata orang malam jumaat keliwon ini malam hantu setan keluar beramai2. yg aku faham malam jumaat keliwon nih malam bulan penuh bersinar. namun rasanya malam ini bulan akan bersembunyi lagi. seperti malam2 lain di bulan tengkujuh. awan hitam menyelubungi langit.

"di kost mas aja yah? lebih enak. jadi mas nggak perlu repot2 mo keluar lagi," ujarnya sambil mengembalikan wang lima ribu rupiah sebagai baki dari wang dua puluh ribu rupiah yg aku hulurkan sebelumnya sebagai upah menghantar aku pulang dgn motor bebeknya.

"lho, emang sampeyan janjian ama dia gimana?"

"tenang aja mas, toh dia yg nyari saya, bukan saya yg manggil. emang biasanya gitu."

aku senyum dan melangkah memasuki pintu pagar motel yg sudah aku sewa selama hampir setahun ini. sudah tiga kali aku berpindah bilik dalam motel ini. sederhana tetapi aku menyukainya kerana ini satu2nya motel yg mempunyai beranda kecil dgn pintu dan tingkap kaca setinggi tujuh kaki. kurang sedikit rasa terkurung dalam sebuah bilik studio, terutama ketika menghabiskan waktu di hujung minggu di atas sofa menonton tv dan melayari internet.

pintu bilikku terbuka, kuletakkan bag sandangku di atas katil dan aku duduk di sofa. aku nyalakan tv dan aku pasang sebatang rokok. aku sedut dalam2 sebelum menghembusnya keluar perlahan2. apa yg telah aku lakukan tadi? benarkah kisah tukang ojeg itu? setan meminta nasihat manusia untuk menyesatkan manusia? tak apalah, ini kan malam pembuktian. biasanya cerita2 macam nih kelentong saja. aku padamkan rokok dan berfikir untuk mandi.

***

waktu itu aku sedang di bilik air membasuh tanganku. menghilangkan aroma sambal terasi dari celah2 jari dan kuku yg kudapati dari nasi uduk berlaukkan paha ayam goreng dan tempe goreng yg biasa aku pesan dari warung tepi jalan di hujung lorong di depan motelku. hujan gerimis sudah tiada lagi, hanya udara dingin segar yg menerobos masuk ke bilikku dari tingkap yg ku biarkan terbuka.

bunyi ketukan pintu berkali2 kubiarkan sehingga aku selesai mencuci tangan. setelah aku pusingkan anak kunci dan membuka pintu, sosok kurus berkulit hitam menyeringaikan giginya yg berkarat, mungkin kerana rokok kretek yg aku lihat tidak putus puntung dihisapnya ketika mangkal menunggu pelanggan, istilah yg digunakan yg bermaksud 'menunggu di pengkalan'. dia menghulur tangannya dan kami bersalaman. genggaman yg kuat, menunjukkan bahawa dia seorang yg berpendirian teguh. aku memjemputnya masuk dan duduk di satu2nya sofa dlm bilik aku. aku membuka peti ais dan menawarkan dia minuman.

"sudah berapa kali dia menemui sampeyan?" tanyaku membuka perbualan.

"nggak saya hitung mas kerna bukan cuma satu, kdg2 datangnya berdua. kdg2 yg datang itu tidak sama. tapi emang setiap malam keliwon seperti ini
pasti mereka datang," terangnya sambil meneguk 'pulpy orange'.

"sampeyan nggak merasa berdosa ngajarin mereka cara menyesatkan manusia dgn lebih baik?"

"kan bukan saya yg lakuin mas? toh kita sesama manusia aja saling ngajarin cara buat jahat. org nggak tau kita kasih tau. orang yg baik kita sodorin yg nggak2. org buat jahat aja kita nggak mo nasiatin. kalo di nasiatin malah kita yg dianggap nggak bener."

"mending saya ngajarin setan mas. itu juga bukan saya ngajarin gimana lakuin kejahatan, toh mereka lebih pinter mas. saya cuma jelasin mengapa kalo yg mereka lakuin itu nggak berhasil. setan kan nggak bisa masukin hati org2 yg baik?"

dia membuka topi dan meletakkannya di atas meja. disibak rambut gondrongnya ke belakang dgn jari2 kurusnya yg meruncing. aku hanay mengenal dia sebagai tukang ojeg yg sering aku langgani sepulangnya aku dari pejabat. orangnya suka tertawa dan suka bercerita kisah2 aneh kepadaku di sepanjang perjalanan. walaupun kadang2 aku tidak begitu mendengarkan cerita2nya yg aku anggap karut-marut dan penuh tahyul. hingga beberapa hari ini dia memberitahuku bahawa dia sering didatangi oleh setan yg meminta nasihat mengenai cara menyesatkan manusia. dan kerna sifat ingin tahuku yg mebuak2 maka aku mahu dia membuktikannya malam ini, dan dengan santai dia bersetuju. aku yg seram-sejuk.

"mas sering buka jendela waktu malam yah? bahaya mas. setan seneng. seolah nawarin mereka masuk. org tua2 kan ngomong kalo malam harus tutup pintu dan jendela."

"yg seneng itu maling. setan kan bisa masuk walau ke tutup pintunya?" balah aku. merasa sedikit terganggu dgn pernyataannya. dia hanya menyeringai sambil menyandarkan tubuhnya ke sofa.

"sebenarnya apa sih yg mereka tanyain ke sampeyan?"

"owh.. ada satu malam yg datang itu setan yg memang kerjanya hancurin rumahtangga manusia."

"emang setan juga dibagi2 kerjanya?" aku memotong kata2nya.

"iya mas. ada yg kerjanya gangguin rumahtangga, ada yg emang khusus utk pencuri, judi, membunuh. wujud mereka juga beda2. aslinya yah. tapi biasanya mereka bisa berubah2 bentuk sih. pernah satu malam yg datang itu serem banget sampe saya sendiri kabur. setelah itu dia membentuk jadi cewek cakep banget, kayak luna maya, baru saya berani."

"terus dia nanya apa ke sampeyan?"

"dia bilang dia disuruh misahin satu keluarga ini, supaya suaminya yg baik itu jadi jahat. jadi si setan ini udah dapet merusak jiwa isterinya tapi suaminya itu tetap sabar mau diapain juga. malah ibadah suaminya makin kuat. ini yg si setan bingung. biasanya kalo isterinya udah begitu suami pasti jadi nggak sabar dong kan?"

"terus apa yg sampeyan nasiatin?"

"saya bilang dibalikin aja. org yg baik jgn disuruh buat jahat, pasti dia nggak mau. jadi bikin aja yg baiknya itu jadi salah."

"maksud sampeyan?"

"gini loh mas. kan dalam kitab2 juga ngomongin bahawa ibadat2 kita ini nggak akan ada gunanya kalo kita merasa kita lebih baik dari org lain. nah, itukan lowongan buat setan. maka saya bilangin ke setan itu, ubah aja isterinya jadi baik, ntar kan suaminya merasa doanya makbul. terus makbulin aja doa2 suaminya yg lain. biar dia merasa jadi hebat kan? terus isterinya akan muji2 dia terus. hati kita gimana dong kalo dipuji tiap hari? lama2 GR kan? akhirnya lupa diri, yah solat yah solat tapi kan kyusunya udah beda."

GR bermaksud 'gede rasa', maksudnya mejadi bangga. gila juga mamat nih. ternyata dia juga bukan calang2 orang. di luar jendela keadaanya sangat gelap. mungkin hujan lebat akan turun malam ini. dingin angin mula menusuk tubuhku yg hanya berseluar pendek dan berbaju t-shirt nipis berwarna putih. dia menyalakan rokoknya. bau kretek menyengat memenuhi ruang.

"boleh nanya nggak? untungnya apa sih buat sampeyan? aku lihat sampeyan biasa2 aja."

aku lihat penampilannya yg ringkas, seluar jeans kumal dgn baju t-shirt lusuh terlindung dlm jaket hitam yg hampir tidak pernah dibukanya. di belakang jaketnya tertampal logo kepala tengkorak yg tertusuk dgn pisau belati di atasnya dan kelihatan seekor ular berwarna hijau keluar dari lubang mata sebelah kiri tengkorak tersebut. terlihat darah meleleh dari pisau belati itu membasahi bahagian atas tengkorak. aku juga perasan yg dia hanya memakai selipar jepun berwarna putih, persis sama dgn selipar jepun yg aku gunakan di bilik air. bercak2 tanah terlihat di kiri dan kanan seliparnya.

"emang kalo temenan ama setan jadi kaya mas? mana ada. org yg mau kaya itu org miskin. kalo saya ma ga butuh apa2. toh apa yg saya butuh semua saya dapat koq. justeru saya lebih seneng begini."

"terus ngapain sampeyan bantuin mereka?"

dia hanya tersenyum sambil menyedut rokok kreteknya. berdetus2 bunyi cengkih melayan api yg menyala. tiba2 angin kuat menderu menerjah tingkap yang terbuka. kelihatan pokok di luar tingkap meliuk2 diayun angin menghasilkan bunyi desiran yg kuat ketika daun2nya saling bergesekan.

"dia dah datang mas." sekujur bulu tengkukku berdiri mendengarnya.


***

suasana menjadi hening. dia kelihatan resah dan bangun meninjau ke tingkap. kelihatannya seperti dia sedang bercakap2 dgn seseorg. dan yg anehnya, dia bukan bercakap dgn seseorg di bawah. bilikku berada di tingkat tiga, jika dia bercakap2 dgn seseorg di luar sudah tentu dia akan menunduk ke bawah. tapi aku lihat dia bercakap2 dgn seseorg yg seolah2 sedang bergayut di pokok. aku masih duduk di atas katil, seolah2 kakiku sangat berat utk ikut melangkah melihat apa yg berlaku. dia berpaling padaku dgn muka resahnya. seolah2 ada sesuatu di mulutnya yg tidak membolehkan dia mengatakan sesuatu.

"gimana yah mas.. dia bilang dia nggak bisa masuk ke kamar," akhirnya dia bersuara dengan tangan kanannya menggaru2 kepala yg aku tahu tidak gatal.

"kenapa?"

"anu.. dia bilang ada api. jadi dia nggak berani."

"emang api takut dgn api?"

"justeru itu mas.. besi juga kalah ama besi. kita juga tanah kalah ama tanah. kalo ditanam hancur tho? katanya teman2 dia juga nggak bisa masuk lewat pintu depan. ngetok aja nggak berani."

"mana setannya?"

dia menunjukkan jarinya ke arah satu sosok hitam, seperti bayang2 sahaja kelihatannya, yg berselindung di celah2 cabang pokok besar di depan bilikku. tidak begitu jelas pada penglihatanku. aku bangun utk melihat. aku cuba membesarkan anak mataku dan mencari2, aku perasan ada sesuatu yg bergerak seolah2 mahu bersembunyi.

"terus gimana? apa di balkon aja? berani nggak dia?"

"iya deh. ntar aku tanyain."

dia membuka pintu beranda dan menyelinap keluar ke dalam gelap malam. angin di luar menghembus memenuhi bilikku, mengejar keluar bau kretek berganti dgn bau lavender yg berdesup menusuk hidungku. aku kembali duduk di pinggir katilku. menunggu.



2 ulasan:

oii....engko lagi besar dar setan kut...

manusia itu sebaik2 kejadian, hantu jin takder kuasa apa2 pd manusia, dia hanya boleh buat sesuatu kat kita bila kita yg izinkan, dgn izin Allah.. ;)